Kenapa Kojack Memilih Amerika?

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan di Amerika Serikat sudah terkenal dengan kualitasnya. Amerika Serikat adalah negara tujuan utama pelajar internasional dengan sekitar 30% pelajar internasional dunia :shock: . Jadi secara point per point, inilah alasan utama kenapa saya memilih amerika sebagai negara tujuan untuk belajar :

  • Kualitas Pendidikan

Tidak dipungkiri bahwa ada stereotipe bahwa kualitas pendidikan disini memang lebih baik dari negara kita. Kualitas pendidikan di Amerika sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Jadi dulu main set saya adalah sistem pendidikan disini pasti OKE.

setelah saya sampai disini, ternyata sistem pendidikan disini memang OKE! Pengajarnya tahu apa yang mereka ajarkan dan sangat profesional. setelah dua bulan summer class, saya mulai bertanya tanya : “Apakah bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, Pernah menjadi konsultan pendidikan di Amerika ya?”

Ironis memang untuk dituliskan, tetapi berdasarkan pengalamanku sistem pendidikan Amerika lebih mampu menerapkan konsep “Ing ngarso sung tulodo, ing madya mbangun karso, tut wuri handayani” dibanding negara asal konsep itu sendiri :cry:  .

oh ya, satu hal yang aku salut dari para pengajar disini adalah mereka mengajar karena itu impian mereka. Mereka berkomitmen pada apa yang mereka ajarkan dan berusaha sebaik mungkin dan turut mengembangkan diri untuk membuat murid – muridnya semakin pintar. Paradoks yang lain saya temukan di kehidupan saya sebelumnya, dimana saya menemukan pengajar yang menjadi guru karena tidak diterima di berbagai pekerjaan lain. Sehingga mereka tidak profesional, mereka bukan mengajar untuk membuat muridnya pintar, mereka datang ke kelas sekedar untuk menggugurkan kewajiban. :cry:

  • Sarana Pendukung Berteknologi Tinggi

Dari pada saya bicara panjang lebar soal ini sepertinya kecepatan internet di kampus saya sekarang bisa bercerita dengan lebih jujur dan objektif.

Dua hal itulah yang membuat saya sekarang bersekolah di Amerika. Alasan itu yang membuat saya berkeinginan sekolah ke Amerika. Sebenarnya masih ada alasan lain ; alasan yang tidak berhungan dengan akademik. Tapi itu akan saya bahas di tulisan lain saja. Untuk tulisan ini saya membahas dari sudut akademik saja dulu.
untuk para pembaca, See you at US!!! ;-)
Please Leave a comment for me ;-)

6 comments

  1. [...] Kenapa Kojack Memilih Amerika? [...]

  2. Kojack says:

    jadi kepikiran,
    kenapa harus amerika sich?
    kenapa ga ke arab aja? atau ke mesir gitu?
    kan disana bisa lihat onta. :p

  3. Kojack says:

    pasti donk,
    proud to be an Indonesian!

  4. unendingdreams says:

    glad to read about the quality.. can't wait to join you all in US :)

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.