Persiapan Kojack Untuk CCIP(1)

Intro »

Intro

Aku ingat benar hari itu, hari itu aku sedang stuck dan BT karena gagal ikut Pekan Ilmiah Nasional ke Malang. Rasanya hari itu semua orang diangkut ke kapal pesiar lima lantai milik nabi nuh yang dilengkapi kolam renang, bar, pub dan free lunch tapi cuma aku saja yang tidak diajak.

Untuk membuang waktu, aku membenamkan diri di depan komputer ayahku. Tapi entah kenapa, waktu itu facebook sepi seperti kuburan, kaskus isinya junk semua dan blogku sepi pengunjung. Pokoknya BT, mana hari itu udara panasnya minta ampun :twisted: .

Saking bosennya di depan komputer akhirnya aku nyasar ke forum para pencari beasiswa. awalnya sich baca artikel itu dengan malas – malasan, tapi setelah dibaca lebih seksama gairahku mulai muncul. Aku merasa ini tantangan baru dengan level lebih tinggi setelah bosan dengan PKM dan tidak berjodoh dengan PIMNAS. :sad:

Waktu itu aku ingat sekali, 4 Agustus 2009 siang hari. Aku datang kepada ayahku untuk berkonsultasi.

“Pa, kalau aku daftar beasiswa sekolah keluar negeri lagi gimana?” aku bertanya.

“Ya terserah sich. Emang pengen kemana?” Ayah menjawab sekaligus bertanya

“Kalau Amerika gimana Pa?” Aku menjawab asal saja karena waktu itu beasiswa yang aku tahu cuma dari AMINEF doank.

“Ya terserah, nanti papa bantu semampunya. Emang beasiswanya gimana?” Ayahku meyakinkanku dan kembali bertanya.

“Belum tahu Pa. Ntar ya, tak browsing dulu.” Aku menjawab dan ngeloyor pergi.

Mungkin waktu itu ayahku memilai anaknya ini mimpi di siang bolong. pengen kuliah keluar negeri tapi bahkan ga ngerti pengen daftar program apaan. :oops: tapi karena percakapan itu, aku aku habiskan sore itu sampai malam untuk browsing internet mencari beasiswa yang sesuai dengan kondisiku.

Pada post sebelumnya saya sudah menjelaskan panjang lebar tentang Tips Mencari Beasiswa Ala Kojack . Nah, setelah belajar teorinya. maka sekarang saya akan bahas prakteknya berdasar cerita pengalaman pribadi saya.

**********

Mencari Beasiswa yang Cocok

Memang susah mencari beasiswa untuk anak yang belum lulus S1 tanpa pengalaman kerja formal angkatan akhir pula. Waupun ada, rata – rata di peruntukan bagi anak semester tiga, sedangkan saya sudah semester tujuh. Itulah kenapa mencari beasiswa yang cocok aku masukan sebagai pilihan pertama padahal teorinya pilihan kedua karena memang pilihan buat saya sedikit sekali. Ditambah lagi syarat tambahan yaitu negara tujuan harus keren, masa study lebih dari 6 bulan dan tentu saja “gratis” :mrgreen: :mrgreen:

Singkat cerita dengan perjuangan keras semalaman, akhirnya aku menemukan dua program yang seperti cocok untuk aku. Namanya CCIP dan URGAD. Selidik punya selidik, paginya aku baru sadar kalau ternyata URGAD itu diperuntukan untuk anak smester tiga. Jadi sekarang harapanku tinggal CCIP. Dengan mengumpulkan keberanian akhirnya pada tanggal 5 Agustus 2009 pagi hari meluncurlah email saya dengan mulus ke kantor AMINEF. Email itu sendiri berisi pertanyaan apakah saya memenuhi kualifikasi minimum untuk mendaftar program ini.

Kualifikasi Minimum yang mereka butuhkan adalah sebagai berikut :

Persyaratan CCIP »

Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan adanya program Community College Initiative. Program baru pertukaran pendidikan bertaraf international ini memberikan kesempatan kepada warga Brazil, Mesir, Indonesia, Pakistan, Turki dan Afrika Selatan untuk belajar di suatu Community College di Amerika untuk mengembangkan keahlian profesi mereka.Bidang yang ditawarkan: Business Management and Administration; Tourism and Hospitality Management; Health Professions, including Nursing; Media; Information Technology; Agriculture; dan Engineering Science.

PERSYARATAN

Untuk mendaftarkan diri, peserta harus:

  • Telah lulus SMA; D1, D2, D3 dan S1
  • Prioritas diberikan kepada lulusan SMA
  • Pelamar yang lulus dengan S1 boleh mendaftar asalkan bidang studi S1 mereka berbeda dengan program CCIP yang akan mereka daftar dan relevan dengan pekerjaan mereka sekarang.
  • Pelamar yang mempunya ijasah S2 dan S3 tidak boleh mengikuti program ini
  • Mempunyai pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan program yang mereka inginkan;
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup untuk mengikuti program yang merupakan mata kuliah di tingkat akademis dengan program Bahasa Inggris intensif selama 6 bulan di Amerika;
  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah diisi; dan
  • Minimum Institutional TOEFL score 500 atauTOEIC score 650 atau IELTS 5.0 (score yang berlaku harus kurang dari 2 tahun).

PROGRAM DI AMERIKA

Program Community College Initiative menyediakan tiket pesawat pulang pergi ke Amerika, biaya hidup selama mengikuti pendidikan bahasa, pendidikan akademis dan profesi serta training yang ditawarkan, biaya mengikuti program, asuransi kesehatan dan biaya mengikuti kegiatan kebudayaan. Peserta akan mengikuti program bersama dalam satu kelompok yang di suatu community college pilihan. Program bervariasi jangka waktunya antara 6 bulan sampai 1 tahun dan peserta akan mendapatkan sertifikat atau ijasah Diploma. Peserta diharuskan untuk kembali ke negara asal setelah program berakhir dan tidak diperbolehkan untuk langsung meneruskan ke jenjang pendidikan S1 di universitas di Amerika.

PENYERAHAN FORMULIR PENDAFTARAN

AMINEF melakukan pendaftaran program ini atas nama Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Silahkan mengirimkan formulir pendaftaran(formulir asli dan dua fotokopi) ke AMINEF dengan melampirkan dokumen dibawah ini:

  • Formulir aplikasi yang sudah diisi.
  • Fotokopi hasil tes TOEFL/TOEIC/IELTS yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
  • Fotokopi ijasah SMA dan atau SKHUN (terjemahan bahasa Inggris).
  • Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).

Didalam mulut ada lidah

Jika sakit membawa nestapa

dunia terasa indah

jika kabar baik yang menyapa


satu hari setelah email itu aku kirimkan datanglah email dari AMINEF yang menyatakan aku memenuhi kualifikasi minimum dan dipersilahkan untuk mendaftar :o . Akhirnya hari itu juga langsung aku download formuli pendaftaran osta levitra ilman reseptiä netistä di sini.

9 comments

  1. ichanastasia says:

    eh iya mas, ngomong2, klo mahasiswa semester 5 kayak saya gimana…?

  2. [...] Persiapan Kojack Untuk CCIP(1) [...]

  3. Alesv says:

    CCIP itu ga setara dengan graduate(s2) ya gan?

    • kojack says:

      tidak bro,
      CCIP itu lebih setara dengan course keterampilan yang diperuntukan bagi anak SMA yang ingin mendalami ilmunya atau untuk anak lulusan S1 yang ingin melengkapi ilmunya dengan ilmua lain.
      mungkin suatu saat saya akan mencoba apply beasiswa S2,
      tapi untuk sekarang saya puas dengan apa yang saya miliki dulu.

      wink

  4. Nugroho says:

    hahhaa….

    mantab…

    yang telpon-telpon nan itu kocak habis..

    hahaha

    sukses selalu bung!

  5. unendingdreams says:

    hahaha…kasihan..staff mana ya yg menjawab :p

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.