Archive for October 2010

Ya Tuhan, Aku kangen rumah

Ya tuhan, mimpi apa aku semalam. Aku bangun tidur, aku membaca berita bahwa merapi meletus. Tanpa ambil tempo aku telpon ibuku untuk memantau kondisi rumah. Aku berterimakasih ya Tuhan ibu baik – baik dan sehat – sehat saja. Tetapi aku kuatir sekali dengan si gendut itu, dia belum pulang dari les.

Untuk sesaat aku benci aku tidak di rumah. Sungguh, aku ingin sekali berada di rumah sambil memandangi hujan abu lewat jendela bersama ibu seperti di tahun 1994, bukannya di kamar hotelku yang aman, nyaman dan hangat sambil memandangi tujuh portal berita Indonesia secara simultan.

Aku makin panik saat salah satu portal berita mengabarkan bahwa puluhan orang di kota kecilku itu dilarikan ke rumah sakit karena gangguan pernafasan akibat terlalu banyak menghirup abu. Aku kwatir sekali salah satu dari mereka adalah keluargaku.

Satu jam menunggu dalam kepanikan, akhirnya aku bisa  tenang setelah ibuku mengabarkan bahwa adikku sudah sampai di rumah. Tadi saat terjadi ledakan si gendut itu sedang makan bakso di taman Badakan, sebuah taman bermain di Magelang. Ya, aku tidak salah dengar dia sedang makan bakso di taman bermain.

Terurai derai tawaku beserta air mataku mendengarnya, aku tertawa karena lucunya tingkah adikku itu sekaligus menangis haru karena ibu dan adikku baik – baik saja. Bagaimanapun sekarang mereka merupakan orang yang paling berharga untukku. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada mereka saat aku sedang disini, aku tak tahu apa yang harus aku perbuat….

****

Untuk para korban Gunung Merapi, semoga kalian tabah menghadapi cobaan ini. Dari belahan dunia yang lain, aku bisa merasakan derita kalian. Bagaimanapun, akar keluargaku berasal dari kaki gunung itu, dan aku bangga dengan asal – usulku. Itu adalah identitas diriku, aku tidak akan menutup -nutupinya apalagi berniat mengingkarinya. Semoga do’a dan sedikit yang bisa aku sisihkan dari sini bisa membantu kalian disana

Minggu Gila

Posting kali ini isinya curhat. Mungkin ga ada sisi manfaat buat pembaca, kalau mau di paksa – paksain mungkin kamu jadi bisa sedikit mengintip bagaimana rasanya kuliah di luar negeri. Tapi itu juga sisi posirif yang di paksain, jadi kalau ga minat baca silahkan berpindah ke postingan saya yang lebih bermanfaat.

misalnya hot posting saya tentang wawancara :idea:

Sebenarnya cuma butuh tempat berteriak!

minggu ini gila!!!!!

kerjaan bertumpuk – tumpuk abis!

Mulai dari M, U, NI, T, SP sampai V bertumpuk jadi satu di minggu ini, tapi tetep ga boleh mengeluh. Setelah lega mencurahkan sedikit perasaan di blog. maaf ya blognya jadi ada curhatan segala. Bener2 stress nech, sekarang harus belajar time management dan energi manajemen benaran dech! :roll:

Interview Beasiswa/Kerja

Beberapa hari ini banyak yang bertanya tentang apa yang harus disiapkan dalam sebuah wawancara. Beberapa bertanya tentang wawancara kerja dan beberapa bertanya tentang wawancara beasiswa. Sebenarnya saya cuma punya pengalaman dalam wawancara beasiswa, dan tidak ada pengalaman dalam wawancara kerj, maka itu saya melakukan research untuk mendapatkan jawaban terbaik bagi mereka dan para pembaca blog saya. hehehe…. promosi :mrgreen:

Pencarianku mengantarkan saya pada sebuah video dari kiplinger, video ini akan memberikan kamu sebuah pandangan bagaimana mempersiapkan sebuah inverview. setelah menyaksikan video ini saya baru sadar bahwa dulu ternyata saya menginkuti pola ini secara tidak sadar, dan alhamdulliah hasilnya memuaskan. Jadi semoga video ini akan membantu kamu menyiapkan wawancaramu. Enjoy!

Wrap up:

Kamu perlu energi/semangat

Kemaslah wawancaramu dengan impresif

Hindari hal – hal yang klise

Buat jawabanmu singkat

Berikan penanya pertanyaan yang pintar

Jika ada pertanyaan, atau request silahkan tulis saja, saya akan mencoba membantu kamu. :idea:

Mentalitasku

Aku adalah seorang pemimpi. Secara otomatis aku adalah seorang penantang. Aku menantang jerat dan belenggu yang menghalangiku.
Aku menantang untuk mengalahkan kebodohanku dan kemalasanku hingga penatku otaku. Hingga merah mataku. hingga habis tenagaku.

Ah puisi picisan lagi. Tidak ada yg menghargai karya buatan mahasiswa dengan nilai bahasa Indonesia D. Ha3x lucu kan? Tertawalah. Aku suka membuat orang tertawa. Tapi sobat, cobalah kau lihat CV ku dan kau sendiri yang akan menelan tawamu.
Kenapa lagi sobat? Merasa tak bisa mengalahkanku? Ah sobat, ingatkah 10 detik lalu kau menertawakanku sebagai manusia yg lebih rendah darimu. Apakah dalam 10 detik kau tiba2 lebih rendah dari orang yg kau tertawakan? Sobat, tanpa mentalitas penantang maka rasa sebalmu itu akan selalu menghantuimu seumur hidupmu. Kau akan menemui para penantang lain yg siap berjuang untuk maju dan kau akan selalu menjadi sampah yg tertinggal di belakang.


Itu tulisan yang aku buat setahun yang lalu untuk menyemangati diriku mengejar beasiswa. Kalau dibaca sekarang rada naif sich, tapi tak apalah. Katanya kan masa muda masa yang berapi api.

Tapi lihalah sobat, betapa optimisnya aku waktu itu. Pasti waktu itu dulu lagu favoritku adalah :

Sekarang, tanpa terasa aku sudah di Amerika dan malunya aku saat mendengar lagunya yang kak Rhoma yang berjudul :

sekarang ini aku kebanyakan begadang untuk hal remeh – temeh seperti ribut – ribut   ber jam – jam ngurusin facebook dan social network sejenisnya…

Beneran dech, malu ndengerin lagunya opa Rhoma itu kalau homework setumpuk itu belum diselesaikan atau kalau belum belajar.

Jadi sobat, jika kamu masih muda (serasa udah tua aja :oops: ) gapailah seluruh kemungkinan yang bisa kamu peroleh. Gantungkanlah cita – citamu setinggi mungkin. Beranilah bermimpi.! Bersemangatlah untuk menggapai impianmu! Karena masa masa penuh tekanan itu kelak akan engkau rindukan. Seperti sekarang,  aku merindukan masa – masa penuh tekanan dalam mengejar beasiswa ini.

Ayo sobat, terus maju! :idea: :idea: :idea: :idea:

Teori 3 x 3 – Overview

Teori ini saya peroleh dalam kelas business communication di Amerika. Output dari penguasaan teori ini adalah kamu bakal bisa menghasilkan tulisan yang terstruktur dan meyakinkan. Jadi, untuk kamu yang sedang pusing membuat tulisan baik itu berupa surat atau esai, maka saya sarankan kamu menggunakan teori ini.

Untuk pembahasannya masing – masing point, silahkan tunggu tulisan berikutnya. Tetapi untuk diskusi silahkan tinggalkan komentar. :) Oh ya, kelihatannya teori ini keren ya, tapi setelah saya pahami dasar teori ini ga banyak berbeda dengan logika yang sering dipake pak carik di sebelah kantor camat di rumah saya kok :D

Hampir lupa, teori ini saya ambil dari bukunya Mary Ellen Guffey yang berjudul “Business Communication Process and Product” edisi ke 6.

Teori ini saya tulis ulang di blog ini dengan beberapa penyesuaian agar mudah di baca dan di mengerti oleh para pembaca blog saya.

Games!!!

Tulisan ini dibuat untuk menganggapi award dari sahabat ngeblog dan begadang (sambil ngomong ngelantur) saya yang setia Nadia the devil’s advocate.. Untuk yang ingin mengetahui siapa sebenarnya kojack, check this out!

Rules (dengan sedikit perubahan):
1. Put your audio player on shuffle => Si buluk sudah di shuffle on
2. To get the answer of each question, click ‘next song’
3. You have to write down the title of the song as the answer of the question, no matter how silly the title is. Plus add your own comment about it

1. If someone says “is this okay?”, what will you say?
Realistic – Bondan Feat to Black

Yups, that is me. Realistic!

2. What would be the best to describe your personality?
Faint – Linkin Park
faint about what?

3. What do you like in a guy/girl?
Hands Held High – Linkin Park
Yes, I like religious and smart girl to stop me doing something stupid again, again, and again. LOL

4. How do you feel today?
Tiap Senja – Float

Twilight….

5. What is your Motto?
Enggan – Steven and Coconut Trees
Yeah, I tired with this kind of competition again. I must find a new passion.

6. What is the purpose of your life?
In The End – Linkinpark

In the end, It doesn’t even matter. Yeah…!!!

7. What do your friends think of you?
It’s all about soul- Bondan Feat Fade to black

Yeah, it’s not about win a competition again. Now, it’s all about soul. Soul Power!

8. What do you think of your best friend?
No one talk about Love – Letto

Maybe real best friend never trapped in a complicated love-friend condition. I miss my best friends. They are not many, but I like them.

9. What do you think of the person you like?
Sementara – Float

This song is about a person who never gives up. Maybe, I look like that kind of people. I don’t know.

10. What is your life story?
Goodbye Whiskey – Superman is Dead

Whiskey? Are you kidding me? Do you want some bottle light beers? LOL

11. Who do you want to be when you grow up?
Stay On the Line – Bondan Feat To Black

Yeah, stay on “right” line! However, which is the right line?

12. What will you dance to at your wedding?
Breaking the Habit – Linkin park

I will break that habit. I will not dancing in my wedding. That will be the simplest wedding in my family.

13. What is your biggest secret?
To much this way-float

Love to much this way. Make me “Malas Bercinta”. LOL

14. What’s the worst think that could happen?
Disposable Lies – Superman Is Deadyeah

Disposable lies. A lie is a lie no mater what!

15. What is the one thing you regret?
Forgotten – Linkin Park
To be forgotten…. yeah….

Untuk kamu yang berminat, silahkan lakukan games yang sama dengan mengikuti peraturan yang ada di atas. Lumayan untuk mengisi waktu dan have fun. :)

Orang – Orang Indonesia di Negeri Antah Berantah

Sudah lima bulan berlalu sejak saya meninggalkan bandara International Soekarno – Hatta untuk menjalani sebuah program beasiswa, tujuan saya satu: Chicago, Amerika. Amerika, negara adidaya yang katanya sangat plural karena di datangi banyak orang dari segala belahan dunia termasuk orang – orang Indonesia, maka bisa dibilang Amerika adalah negara perantau. Fakta yang saya tahu sebelum berangkat adalah bahwa komunitas orang Indonesia sangat terbatas di sana. Bagi orang Indonesia seperti kita, pastilah berat berpindah dari lingkungan high context culture yang didasari perasaan malu – malu dan sama – sama mengerti menuju lingkungan low context culture yang jauh lebih blak – blakan dan ceplas – ceplos. Dari fenomena ini, yang menarik untuk diamati adalah bagaimana koloni – koloni orang Indonesia beradaptasi dengan lingkungan baru.

Berdasarkan penyelidikan dan pengamatan saya, beginilah dua penilaian orang – orang Amerika terhadap orang – orang Indonesia khususnya para pelajar Indonesia:

Orang Indonesia itu baek – baek lho

Beruntunglah orang Indonesia karena terlahir di lingkungan yang plural. Berbagai perbedaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke telah mengajarkan kita menghargai kebudayaan lain sejak beratus – ratus tahun lalu karena ternyata nilai – nilai yang dianut orang – orang Amerika tidak jauh berbeda dengan kita. Saya sendiri sampai terkaget – kanget dengan betapa banyaknya kemiripan nilai yang dianut orang Amerika dan Indonesia. Ternyata, kebanyakan orang Amerika tidak terima jika mereka diukur dari kacamata kegilaan film produksi Hollywood, begitu juga orang Indonesia yang tidak akan rela kalau bangsanya dinilai dari apa yang ditunjukan oleh sinetron pukul tujuh malam. Pelajaran pertama yang saya petik, film tidak mencerminkan budaya suatu bangsa.

Dalam program ini saya ditempatkan dengan orang – orang dari berbagai negara seluruh dunia, mulai dari orang – orang daratan Asia sampai dari pegunungan Afrika. Berdasar pengamatan, orang Indonesia itu paling mudah membaur dan diterima. Pada hari pertama kedatanganku, pembimbingku sangat menekankan tentang respect terhadap kebudayaan lain yang sedang kencang didengungkan dalam beberapa tahun belakangan, dan tahukah kamu? Orang Indonesia sudah punya pengalaman tentang respect macam ini sejak balita ; teorinya sendiri sudah diajarkan dalam pelajaran PPKN Sekolah Dasar dengan sebutan tenggang rasa dan saling menghormati. Jadi dalam hal ini tidak salah kalau kita memberikan sedikit kredit untuk menteri pendidikan.

Latar belakang dan tenggang rasa itulah yang mungkin yang membuat pelajar Indonesia disayang para professor disini. Saat orang – orang negara berkembang lain sibuk memprotes hal remeh – temeh seperti betapa lelahnya mereka kuliah, atau jemputan yang meninggalkan mereka karena mereka sendiri terlambat ; sampai pening kepala pembimbing kami akibat protes remeh – temeh ini.

Orang Indonesia bangga menjadi Orang Indonesia

Di Indonesia, secara sadar atau tidak kita cenderung mengelompok berdasar kesamaan. Biasanya sich secara natural pembentukan kelompok ini didasarkan pada suku, agama, ras atau golongan. Orang Jawa berkumpul dengan orang Jawa, anak mesjid dengan anak mesjid, anak Tiong Hoa dengan sesamanya, sedangkan anak orang kaya dan pejabat malu bergaul dengan anak pedagang sayur di pasar pagi.

Permias Chicago

Di Amerika, di negeri antah berantah ini, semua berbeda. Selama kamu bisa berbahasa Indonesia maka kamu adalah bagian dari kita, bagian dari orang Indonesia dan kita adalah saudara. Kita tolong – menolong sesama orang Indonesia dengan semangat gotong – royong tanpa pamrih yang mungkin makin sulit kita ditemui di Indonesia sendiri. Tidak peduli orang Jawa, Sumatra, Kalimantan Sulawesi atau Papua, kita tertawa bersama, makan dari tempat yang sama dan minum soda yang sama. Tidak peduli anak mesjid, gereja, vihara ataupun pura kita tetap bisa bermain sepak bola bersama. Kita bernaung dibawah solidaritas semama orang Indonesia, tidak peduli anak Tiong Hoa, blasteran Arab atau anak pribumi tulen. Kita juga tidak membeda – bedakan anak orang kaya yang belajar di Amerika dengan biaya sendiri atau anak orang miskin seperti saya yang hanya bisa sekolah ke luar negeri dengan beasiswa. Paswordnya cuma satu: bisa bahasa Indonesia. Maka merugilah orang yang gengsi berbahasa Indonesia, karena mereka telah melupakan identitas mereka sendiri dan segala kekayaan keragaman yang kita miliki.

*****

Ilmu Statistik telah memperkenal pada kita tentang fenomena sebaran normal. Dari fenomena ini kita mengenal suatu bentuk ciptaan tuhan yang disebut sebagai pencilan dan selang kepercayaan. Dalam penggunaannya teori itu akan membantu kita mengerti cara menarik karakteristik yang unik dari sebuah komunitas. Dari komunitas orang Indonesia di Amerika mungkin muncul beberapa butir pencilan yang berusaha mengingkari akar budayanya. Beberapa bahkan mengaku lupa bagaimana cara berbahasa Indonesia setelah beberapa tahun tinggal di Amerika. Saya kasihan pada orang orang seperti ini yang tidak sadar betapa kayanya indonesia. Tetapi saya yakin, pada selang kepercayaan 95% kami, orang Indonesia di Amerika, bangga menjadi orang Indonesia dengan berbagai keragamannya.

Kami pelajar Indonesia punya pendekatan berbeda. Kami mencoba melihat dari sudut pandang mereka. Kami mencoba mengerti perbedaan budaya antara Amerika dan Indonesia. Kami bisa mengerti bagaimana repotnya mereka menyiapkan program ini karena kami sudah terbiasa dengan perbedaan. Dengan sedikit narsis, saya berani bilang bahwa kita ini jauh lebih baik dibanding orang – orang negara berkembang lain yang terjebak pada masalah narsisme sempit dan toleransi kebudayaan lain.

yok melatih bahasa inggris

Makin hari bahasa inggris makin penting saja. Jika kamu ingin masuk ke pergaulan internasional maka sebaiknya latihlah bahasa inggirsmu sejak masuih muda. Berikut adalah video yang akan menggelitikmu untuk belajar bahasa ingggris :

semoga video pendek yang lucu ini bisa menggerakanmu untuk belajar bahasa inggris sejak dini.

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.