Pelajaran Fotografi Ke Delapan : Mengenal Mode Dial

Mode Dial adalah sebuah fitur pengaturan yang jamak di kamera DSLR atau kamera pin point high end. Mode Dial membantu kita untuk menyesuaikan setting kamera sesuai model yang ingin di potret. Bagi yang bingung seperti apa bentuk mode dial, inilah dia penampakannya :

Dalam memahami fungsi – fungsi kamera digital, saya membagi mode pemotretan menjadi tiga kelompok yaitu mode auto, semi manual dan full manual. Yok, kita pelajari satu satu :

Mode Auto

Saya rasa ini adalah mode yang paling banyak digunakan oleh para pemilik kamera SLR pemula. Mode ini juga jamak terdapat pada kamera saku. Dalam mode ini kita sepenuhnya menyerahkan pengaturan ISO, Aperture, Shutter speed, white balance, flash dan parameter yang lain kepada kamera.

Menimbang kepraktisannya, saya rasa ini mode ini adalah mode yang paling sering digunakan oleh para pengguna kamera DSLR for fun dan orang yang baru mulai.

Mode auto dibagi menjadi beberapa mode lain guna menyesuaikan obyek yang ingin di potret. Untuk lebih jelasnya mungkin kita bisa simak bersama tabel berikut :

Logo

Mode

Penjelasan

AUTO Mode full auto dimana fotofrafer menyerahkan seluruh kendali pada kamera.

PORTRAIT Mode yang disesuaikan untuk memotret wajah. Aperture akan membesar untuk memperoleh kedalaman gambar yang dangkal

LANDSCAPE Mode yang disesuaikan untuk memotret pemandangan. Aperture akan mengecil untuk memperoleh kedalaman gambar dan lebih banyak detail.

MACRO Mode yang disesuaikan untuk memotret dalam benda – benda kecil secara close up

SPORT Mode yang disesuaikan untuk memotret benda yang bergerak. Shutter speed secara otomatis akan di setting dalam kecepatan tinggi

NIGHT + PORTRAIT Mode yang disesuaikan untuk memotret dalam cahaya yang terbatas. Aperture akan membersar, ISO akan naik dan shutter speed akan melambat dalam mode ini.

saya banyak menggunakan mode auto pada minggu pertama saya memegang kamera SLR saya. Saya cukup puas dengan hasil yang saya peroleh ,tetapi tidak berapa lama saya merasa jika tetap menggunakan mode auto terus – menerus maka tidak ada bedanya dengan menggunakan kamera pocket. Karena itulah saya mulai mencoba mengeksplorasi pengetahuan saya ke mode semi manual dan manual yang menawarkan pengaturan yang lebih kompleks dari sebuah kamera DSLR.

Mode Semi Manual

Logo

Mode

Penjelasan

P

PROGRAM SHOOTING Mirip dengan fitur auto tetapi kamu bisa merubah ISO dan shutter speed dan aperture

A

APERTURE PRIORITY SHOOTING Aperture bisa diatur secara manual. Kamera akan mengatur parameter lain secara otomatis.

S

SHUTTER PRIORITY SHOOTING Shutter speed bisa diatur secara manual. Kamera akan mengatur parameter lain secara otomatis.

pada mode semi manual kamu bisa mengontrol paling tidak satu parameter. Sebenarnya pada mode ini kamu masih bisa mengatur parameter yang lain. Sebagai contoh pada mode aperture priority shooting kamera saya masih memperbolehkan saya mengatur ISO dan white balance secara manual selanjutnya kamera akan membantu saya mengatur shutter speed secara otomatis.

Mode Semi Manual

Logo

Mode

Penjelasan

M

MANUAL SHOOTING Semua pengaturan bisa diatur secara manual

pada mode manual kita dibebaskan mengatur semua pengaturan di kamera kita. Mode ini menawarkan kompleksitas dan tantangan yang sangat tinggi bagi kamu yang benar – benar ingin menekuni dunia fotografi. Sejauh ini saya belum terlalu sering menggunakan mode manual karena keterbatasan pengetahuan saya tetapi dengan seiringnya waktu maka saya pasti akan melangkah kesana.

Semoga membantu, ditunggu sepiring kripik pedasnya untuk terus memperbaiki tulisan ini :)

6 comments

  1. vikingpersib says:

    makashi info nya gan semakin ingin mengetahui lagi tentang dslr (y)

  2. yudhi says:

    mantap gan…thanks.

  3. fha says:

    terimakasih,, sangat membantu,, :) :D

  4. aliemo says:

    belajar ah…, mumpung ada yang minjemin DSLR :D

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.