Pelajaran Fotografi 12: White Balance

Grauk!!!

Sumpah, nich laptop jadi luemot…. Yach setelah di bebani dengan berbagai applikasi yang bertumbuk  beberapa bulan kebelakang sepertinya windows saya sudah “tua” dan perlu di install ulang…. Huff….

Omong – omong, cukuplah intermeso out of topic-nya. Sambil menunggu saya mem back up data, bolehlah kita ngobrol – ngobrol tentang white balance. Masih dalam metode Q&A, check this out!

Btw, untuk yang mau versi panjang lebar tentang white balance, saya merekomendasikanmu membaca artikel dari Digital Photography School. Untuk yang pengen versi singkatnya dan males translate, silahkan baca detail catatan log belajar saya ini.

Apa itu white balance?

Sebuah fungsi kalibrasi dalam kamera yang membantu kamera mengenali warna.

Kenapa kita perlu mengatur white balance pada kamera secara manual?

Karena sensor dalam kamera tidak sehebat mata dan otak manusia dalam mengenali warna. Kadang kamera suka tertipu dalam mengidentifikasi warna.

Bagaimana dengan fitur auto white balance yang ada dalam kamera?

Fitur ini mempermudah tugas kita dalam mengatur white balance tetapi fitur ini juga sering tertipu.

Kejadian yang pernah saya alami sendiri adalah saat fitur auto white balance kamera (Nikon D90) salah mengenali warna putih salju. Akibatnya semua foto yang dihasilkan menjadi kebiruan.

Jadi apa kita harus mengatur white balance setiap kita memotret?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Tergantung gaya memotret masing – masing individu. Jika kamu memotret dengan format JPEG maka konsekuensinya kamu harus mengeset white balancemu secara tepat dalam kamera sebelum memotret.

Jika kamu adalah RAW shooter seperti saya maka kamu bisa meninggalkan pengaturan whitebalance dalam modus auto untuk semua kondisi. :mrgreen:

Bagaimana dengan Kojack?

Saya adalah seorang RAW shooter. Kelebihan utama yang saya suka dari RAW adalah kemudahannya dalam mengatur white balance dengan menggunakan komputer dalam proses post editing. Jadi saat saya memegang kamera, saya bisa lebih fokus dalam mengatur exposure mengkomposisi gambar.

v 1.0 Selesai

8 comments

  1. vino says:

    1-12 dan saudara nya..udah di telen mentak mentah jack saat nya indohay ama bebeb wa..
    deeseler…
    mkasih jeck info nya

  2. Kho Davids says:

    1-12 materinya di lahap Bang kojack tinggal praktekin aja ni.. B)

  3. arief says:

    gan….gmana sch caranya membuka file RAW…tlong di bantu ya gan

  4. @Aziz_C_P says:

    jossh bos

  5. liza says:

    wuisss… semangat sekali teman kita yang satu ini dengan profesi barunya

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.