Archive for August 2011

Tempat Kerja Ideal

Hallo para Job seekers,

Masa – masa sebagai job seeker adalah masa – masa yang menyebalkan menurut saya. Pertama, yang belum dapet – dapet pekerjaan akan dihantui oleh ketakutan ngga dapet pekerjaan dan bakal nganggur dalam waktu lama. Sedangkan, yang sudah dapat pekerjaan akan dihantui perasaan takut kalau pekerjaan yang telah dipilih ternyata bukanlah pekerjaan yang di impikan, apalagi pekerjaan – pekerjaan yang ditawarkan sebagaian perusahaan sekarang ini menerapkan sistem penalti yang akan memberatkan para keperja  jika mereka mengundurkan diri sebelum waktu yang disepakati dalam kontrak.

Jadi, untuk membantu sesama pencari kerja, berikut adalah kriteria pekerjaan ideal menurut Mario Teguh beserta koment dari saya:

 

1. Anda bergembira di dalam pekerjaan itu.
Nah inilah yang susah, sebagai job seeker, apalagi yang masih fresh grad yang bisa dilakukan hanyalah mengumpulkan testimonial dari orang – orang yang sudah kerja disana atau paling tidak di industri yang sama. Tetapi sebagai tips, jika bisa cobalah minta masa probation/percobaan 3 bulan kepada perusahaan sebelum penalti diberlakukan. Dengan masa ujicoba selama 3 bulan kita bisa sedikit merasakan seperti apa budaya kerja di perusahaan tersebut dan perusahaan juga bisa melihat kinerja kita. Masa probation itu di atur dalam undang – undang ketenaga kerjaan kok. 

 

 

2. Anda menjadi lebih ahli dan dibutuhkan di dalam atau di luar perusahaan.
Parameter paling gampang yang saya gunakan untuk mengetahui hal ini dari sudut pandang pencari kerja adalah dengan mengetahui kesempatan mengikuti traning dan seminar yang diberikan. Lebih baik kalau seandainya bisa tahu tentang support yang diberikan perusahaan jika ingin mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Master misalnya. 

 

 

3. Anda dibayar dengan baik dan bahkan menuju penghargaan yang tinggi.
Parameter paling mudah tentu saja seberapa besar gaji dan benefit yang diberikan perusahaan. Tetapi ingat ya, semakin besar penghargaan, semakin besar ekspektasi perusahaan terhadap anda. 

 

 

4. Jika Anda gagal, Anda justru menjadi lebih dikenal dan dihargai niat baiknya.
Berdasarkan pengalaman, ini berlaku jika anda punya ide kreatif tetapi ternyata saat di implementasikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jika anda gagal dalam menjalankan sesuatu yang sifatnya rutin, saya rasa anda cocok dimarahi karena itu adalah bentuk keteledoran yang harus kamu pertanggung jawabkan. 

 

Semoga membantu para pembaca yang sama – sama mencari kerja,

Regards,

Kojack

 

Tipe Relasi yang Melengkapi Portfolio Jaringanmu

Saya senang sekali membaca, karena itu saya banyak menghabiskan waktu senggang saya untuk membaca buku di tempat nongkrong favorit atau sekedar duduk di depan komputer mencari artikel yang menurut saya bagus. Nah, karena itu saya ingin mengemas ulang beberapa artikel yang menurut saya bagus dan relevan terhadap pengalaman hidup saya. Semoga dapat membantu para pembaca untuk meningkatkan kualitas hidup.

 

Artikel pertama ini temanya adalah tipe – tipe relasi yang sebaiknya kamu miliki untuk melengkapi portfolio jaringanmu. Artikel ini saya peroleh dari wolipop.com dan akan saya tambahkan sedikit pengalaman saya untuk melengkapi artikel ini.

 

1. Role Model atau Panutan

Yakni orang-orang yang terlebih dahulu telah meraih sukses sebagaimana yang Anda juga idamkan. Dari mereka, Anda bisa belajar kesuksesan dan juga kegagalan mereka, Anda belajar kebijaksanaan dan pengalaman mereka. Mereka akan jadi relasi yang sangat berguna mengingat mereka telah terlebih dulu mengalami suka duka dan menjalani terjal dan dalamnya tantangan dalam impian yang Anda juga inginkan. Jika Anda bisa menjadikan mereka sebagai mentor, itu akan sangat baik sekali.

Saya menyarankan memiliki bukan lebih dari satu role model karena itu akan memperkaya dirimu dengan berbagai perspektif dan menghindarkan diri dari fanatisme terhadap seseorang, yang katanya salah satu sifat orang Indonesia.

Jika saya hitung, saya sendiri memiliki 4-5 panutan sepanjang hidup, termasuk ayah dan ibu.

 


 

2. Orang Dalam dan Kompeten di Pekerjaannya

Ini adalah siapapun yang berada di internal perusahaan, asosiasi, atau komunitas apapun yang Anda punya kepentingan di sana. Dari mereka, Anda bisa dapatkan ‘gosip-gosip’ terbaru (yg legal tentunya). Semisal saja, dengan berteman dengan orang internal dari perusahaan penyedia layanan selular, Anda bisa dapatkan info terkait teknologi perangkat mobile, peluang kompetisi publik yang akan diadakan sebelum dia dipublikasikan, dan sebagainya. Dari mereka, Anda juga akan bisa dapatkan banyak pencerahan dalam bentuk perspektif yang tajam sesuai pekerjaan mereka dan masukan untuk gagasan-gagasan Anda.

Bagaimana cara memperoleh orang – orang ini? Kuncinya jadilah orang supel dan jangan pelit – pelit amat kalau memang ada rejeki.

 


 

3. Sang Pembawa Kabar

Mereka adalah orang-orang yang selalu lebih dahulu tahu dan juga lebih banyak tahu perihal topik dan apapun yang sedang ngetrend saat ini. Pastinya, dari mereka Anda bisa dapatkan banyak masukan terkait topik yang Anda suka, dan juga bisa minimal banyak wawasan yang membuat Anda tak ketinggalan jaman dan bisa tampak cerdas dalam pergaulan di topik tertentu. Sang pembawa kabar tak jarang juga banyak tahu tentang bagaimana kabar orang-orang yang dia kenal dan juga orang-orang penting dan terkenal.

Bahasa inggrisnya “The Messenger” tapi di kampung saya lebih sering di sebut Bigos alias Biang Gosip! Nah, orang – orang ini penting dalam jaringan tapi tetap pintar – pintarlah menyortir berita karena kecenderungan para pembawa kabar ini adalah suka melebih – lebihkan berita dan kadang ada juga yang suka ngomporin

 


 

4. Sang Penghubung

Ini adalah orang-orang yang memiliki akses pada sumber daya, orang-orang, dan informasi. Sang penghubung tentunya adalah orang yang sangat tepat untuk membantu Anda mewujudkan rencana dan gagasan Anda, karena mereka bisa membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang tepat, serta mendapatkan peluang-peluang baik dari segala jaringan yang mereka punya.

Contoh saat kuliah adalah para dosen pembimbing yang membantu mahasiswanya untuk mendapat banyak project atau akses yang lebih luas untuk mendapat beasiswa atau penggunaan laboratorium.


 

5. Sang Rekanan

Anda butuh miliki relasi dari kalangan mereka yang berada dalam pekerjaan atau profesi yang sama atau mirip dengan Anda. Sudah pasti, dengan mereka Anda bisa saling berbagi sumber daya, kesempatan, dan informasi. Apakah Anda berkenan menjalin hubungan sebagai partner sinergis ataupun rival sehat p

Saya punya satu, dia lebih dulu masuk ke industry yang saya incar, dan saya mendapat sangat banyak informasi dari dia.

6. Sang Murid

Salah satu penanda bahwa kita punya kepahaman dan kepakaran adalah dengan melihat kemampuan kita dalam berbagi. Akan baik sekali manakala Anda memiliki orang-orang yang dengan mereka Anda bisa berbagi pengalaman dan pembelajaran. Tak perlu ada akad resmi sebagai mentor atau guru, dalam bentuk apapun kita bisa berbagi. Tidak hanya itu, seringkali orang-orang yang belajar dari Anda ini bisa membuat kita lebih termotivasi dalam produktif dan berkarya, sekedar dengan adanya perasaan bahwa ada orang-orang yang memperhatikan gerak gerik dan performa kita.

Hemmm… untuk yang ini saya kurang tahu dech. Apakah saat ini ada orang yang mengidolakan saya?

 

Jika kamu bisa memiliki ke 6 tipe relasi tersebut dalam jaringan anda maka langkahmu untuk bergerak maju akan lebih ringan.

Nasib Pencari Kerja

Okay, let’s make a junk in this post.

Karena saya lagi berjuang menjadi pencari kerja maka saya ngga sempat ngutak atik blog ini.

Saat tulisan ini di buat saya sedang ada sibuk memperisapkan interview supaya di terima di PT Nestle Indonesia. Seperti artikel saya dulu, sekarang saya sedang mati – matian berusaha mengupgrade diri saya agar supply yang saya berikan bakal match ama demand yang Nestle butuhkan.

Well akhir kata, Untuk para job seekers di seluruh Indonesia, Tetap Semangat! Pantang Menyerah! Terus Belajar!

Jualan nech

Beberapa bulan di rumah, saya membongkar bongkar gudang dan menemukan beberapa barang yang masih berfungsi normal tetapi sudah tidak digunakan. karena itu daripada nganggur lalu rusak mendingan saya duitin dech.

Oh ya, saya juga membuat posting ini karena saya buka lapak juga di kaskus dengan nick name king_aria, dan saya tidak berniat nipu. Untuk barang – barangnya Cekidot dan untuk harga saya bikin Net aja dech diluar ongkir:

 

  1. AMD Athon X2 5200+ Socket AM2 (250k)

    Processor ini gw beli tahun lalu terus ngga lama masuk box karena make sistem Intel. Kondisi berjalan normal, lengkap dengan BOX dan HSF. Harga diluar ongkir, garansi personal tes nyala 3 hari

  2. ATI Digital Alliance HD 3650 (200k)

    Kondisi berjalan normal. Harga diluar ongkir, garansi personal tes nyala 3 hari

Sementara itu dulu dech, ntar kalau nemu barang – barang lain saya posting lagi.

Untuk ngomongin pengiriman kontak

085694855069

Link Kaskus:

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.