Acer Iconia A501 Review (part 1)

Let’s jump to the bottom lineJ. I will introduce you to my new lover: Acer Iconia A501.

 

 

Let’s do a quick review on it.

 

Personal Story:

Sebenarnya tablet ini sudah ada di tangan saya selama dua bulan tetapi karena kesibukan pribadi, baru sekarang punya kesempatan untuk mereview.

Tablet ini saya peroleh dari seorang kaskuser dengan harga yang kaskus banget pokoknya dech. hehehe….

 

Fisik:

Secara Fisik tablet ini dibalut oleh casing almunium yang membuatnya terkesan ekslusif. Casing in juga sepertinya difungsikan untuk membantu dalam melepaskan panas yang dihasilkan saat digunakan. Saya pribadi menganggap casing almunium mampu memberikan tambahan kesan lux dibanding tablet lain yang terbuat dari material plastik.

Dengan dimensi 260mm x 177 mm dan ketebalan 13.3mm dengan berat 730gr maka tablet ini termasuk tebal dan berat jika dibandingkan dengan competitor lain. Mungkin ini adalah trade off dari disediakannya fitur full size USB dan casing almunium. Saya pribadi tidak merasa ketebalan yang bertambah beberapa millimeter dibanding competitor adalah masalah yang krusial.

 

OS:

Dari saya beli, tablet ini mengusung OS Honeycomb 3.2 Stock Acer yang langsung saya lungsurkan dan di ganti dengan custom ROM OS Honeycomb 3.2 Taboonay 2.2 yang menurut saya lebih enak di oprek karena secara default sudah di Root.

 

Hardware:

Tablet ini di motori oleh processor Tegra 250 Dual cortex A9 yang berjalan pada clock speed 1GHz dan dengan mudah dapat di overclock sampai ke angka 1.4 GHz (Red: Do it on your risk!). Tablet ini juga dilengkapi dengan ram sebesar 1 Gb, sama seperti kompetitor lain yang dijual dengan harga lebih mahal.

Efeknya? Dengan dukungan hardware seperti ini maka tidak usah ragu lagi untuk menginstall game – game 3D atau memainkan Video dengan kualitas HD.

Oh ya, tablet yang saya beli ini memiliki memory bawaan sebesar 16 Gb yang saya tambah kapasitasnya dengan menancapkan micro SD sebesar 32 gb ke slot micro SD yang tersedia.

 

Layar:

Tablet ini menyuguhkan layar berjenis captive yang telah mendukung multi touch sebesar 10.1-inch dengan resolusi 1280×800 pixel dan kedalaman warna 256k. Layar ini sedikit kalah di banding iPad atau Galaxy Tab yang telah mengusung kedalaman layar 16 juta warna. Tetapi layar ini tetap lebih baik dibanding tablet – tablet cina yang telah lebih dulu beredar di pasar. Well, dengan selisih harga yang mencolok dibanding Galaxy 10.1 dan iPad maka kualitas layar ini masih dalam kategori Oke.

 

Next in the part 2: Connectivity and camera

 

One comment

  1. ibim says:

    hallo gan kojack, saya baru mau ambil acer iconia A501 dr teman.. tapi belum sempet saya tanya apa masih HC 3.0 atau sudah berapa.. boleh minta tutorial cara root dan costum rom nya ga gan kojack :D … terimakasih sebelum nya

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.