Pelajaran Fotografi 13: My Gears

Sebenarnya artikel ini tidak bisa dibilang sebagai pelajaran fotografi juga sich karena artikel ini intinya memaparkan lagi peralatan apa saja yang saya punya. Hampir semua peralatan ini sebenarnya sudah pernah saya munculkan pada video blogging pertama saya.

Jadi sebenarnya artikel ini saya persembahkan untuk kamu yang kebetulan tidak dikaruniai internet dengan kecepatan super atau untuk kamu yang sudah tidak berteman lagi dengan yang namanya buffering  :mrgreen: .

Here we go!

_________________________________________________________

Kamera

Sony Alpha SLT-A33

Kamera pertama dari Sony yang menggunakan teknologi kaca Translucent. Bisa mengambil tujuh gambar dalam satu detik (Ga’ pernah dipake), ISO 12800 (ga’ pernah dipake), Auto HDR (juga ga’ pernah dipake), Panorama shoot (jarang dipake). Nah, kalau begitu apa donk fitur yang paling sering saya pake dari kamera ini? Fitur yang kebayakan saya pake di kamera ini adalah fitur dasar untuk fotografi karena saya adalah tipe yang lebih suka mengolah gambar di komputer daripada di kamera. Alasan utama saya dulu memilih kamera ini adalah kemampuan videonya yang bisa diandalkan dan ukurannya yang relatif lebih kecil dibanding kamera DSLR konvensional. Saya juga jatuh hati dengan Electronic View Finder (EVF) yang dimiliki kamera ini.

Panasonic DMC-FS62

Kamera pertama yang saya miliki. Dilengkapi lensa /2.8 LEICA DC VARIO-ELMARIT :mrgreen: dan fitur iA (Intelligent Auto) Mode yang sebenarnya merupakan nama lain saja dari modus auto :twisted: . Akhir – akhir ini kamera ini mulai digunakan lagi terutama untuk plesiran keliling kota saat males nenteng – nenteng SLT saya.

 

_____________________________________________________

Aksesoris Kamera

Wireless remote Shutter Release (Abal – Abal)

_____________________________________________________

Lensa
Minolta 50mm F1.7

Lensa prime yang sudah berumur belasan tahun tetapi masih dalam kondisi yang sangat prima. Lensa dengan aperture paling cepat yang saya miliki. Didapat di ebay dengan harga separuh dari harga lensa Sony 50mm F1.8. merupakan lensa favorit saya dan selalu saya gunakan secara regular dalam kegiatan sehari – hari dan lensa yang saya rekomendasikan buat kamu yang sedang mencari lensa kedua selelah lensa kit.

Sony 18-55 F 3.5-5.6

Lensa Kit Bawaan Sony sekaligus lensa pertama saya. Orang – orang bilang kalau lensa kit hasilnya tidak memuaskan, tapi saya tidak setuju. Mungkin ini karena saya belum pernah mencicipi lensa Lux Sony-Carl Zeiss kali ya? Secara keseluruhan saya puas – puas saja dengan performa lensa ini baik untuk mengambil gambar diam atau untuk mengambil video.

Sony 55-200 F 4-5.6

Lensa kedua yang saya miliki. Didapat dari ebay dengan harga 1/2 harga barunya. Lensa tele yang tidak mengecewakan, autofocusnya cukup cepat dan intinya bisa digunakan untuk memotret jarak jauh. Lensa ini bukan termasuk lensa cepat tapi pernah saya gunakan untuk memotret konser dalam kondisi low light dengan menaikan ISO sampai minimal 1600. Overall, lensa ini cukup memuaskan untuk saya yang belum pernah mencoba lensa 70-200mm F2.8 ya! :twisted:

____________________________________________________

Aksesoris Lensa

Hoya Sky Light 49mm (Pecah, jatuh dari meja… :( )

Didapat satu bundle dengan 50mm F.17 secara gratis, selalu nemplok di lensa itu dan cuma dilepas saat dibersihkan.

 

____________________________________________________

Memory Card

Transcend 8gb SD card Class 10

V-gen Micro SD 2 gb

___________________________________________________

Aksesoris Lain – Lain

Sony Ericsson Xperia X10

Tripod (Abal – Abal)

 

 

Artikel ini bukan saya maksudkan untuk bragging atau menyombong tapi dengan peralatan yang “seadanya” (hasil dari mengumpulkan dollar demi dollar di negeri orang :oops: ) seperti ini menurut pembaca apakah sudah worth dengan skill yang saya pelajari dan gambar – gambar yang saya hasilkan?

Oh ya, jika kamu  ingin membangun sebuah sistem DSLR (terutama low budget DSLR), feel free untuk mencontek sistem saya ya ;-)

 

 

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.