7 Tips Esensial Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Untuk kamu yang masih semangat untuk mencari beasiswa ke luar negeri. Saya ingin membagikan sedikit tips yang telah saya buktikan sendiri keampuhannya, dan berhasil membawa saya menggapai impian (#lebay).

 

Tip #1: Hanya mendaftar jika kamu eligible. Baca semua syarat beasiswa tersebut. Pastikan bahwa kamu memenuhi syarat yang di minta, baik itu nilai TOEFL/IELTS maupun pengalaman kerja. Bagaimana jika kamu tidak eligible? Pilihannya hanya dua: Buat dirimu eligible atau cobalah untuk gambling dengan mengandalkan keberuntungan.

 

Tip #2: Isi applikasi secara lengkap. Jangan biarkan ada kolom yang lowong dalam formulir. Jika memang tidak ada jawaban yang bisa kau berikan, tuliskan saja “None” atau beri tanda “–”. Jangan biarkan ada kolom yang lowong untuk menghindari salah interpretasi. Jangan lupa juga sertakan semua materi yang diminta, mulai dari essay, transkrip, letter of recommendation sampai formulir itu sendiri.

 

Tip #3: Buat Esai yang Memukau. Pastikan konten yang kamu sampaikan di esaimu spesifik dan tajam. Tetapi warnai esaimu dengan gaya dan kreativitas agar esaimu juga mampu menggambarkan dirimu.

 

Tip #4: Kerapian menentukan penilaian. Jangan gunakan tulisan tangan! Reapian sangat dihitung. Waktu saya di wawancarai dulu ada pewawancara yang menanyakan siapa yang mengetik formulir saya.

 

Tip #5: Perhatikan Deadline. Alasannya satu: Applikasi yang terlambat, tidak dihitung. Jika memang tidak bisa tepat waktu, coba konfirmasikan ke pemberi beasiswa, telfon mereka, siapa tahu kamu diberikan beberapa hari tambahan.

 

Tip #6: Bertanya jika tidak jelas. Jika kamu kebingungan dalam mengisi aplikasi, silahkan bertanya ke pemberi beasiswa. Biasanya mereka welcome dan bersedia memberimu petunjuk.

 

Tip #7: Simpan aplikasi cadangan. Jangan pernah lupa simpan cadangan untuk berjaga – jaga. Terlebih lagi, kamu bakal butuh applikasi cadangan itu untuk dipelajari ulang jika kamu diundang interview.

 

Jika ada yang ingin kamu tanyakan atau konsultasikan, tinggalkan saja komentar. Saya akan coba bantu :)

23 comments

  1. Momo aina says:

    Assalamua’alaikum
    bang, aku mintainfo beasiswa”dong.. aku bingung nih mau kul dimana, udh dftar tp blm rejekiny. yaa,, niatny mau nyoba” di luar.. ada info ngak bang ttg beasiswany? yaa syaratnya juga apa aj?
    makasi bang sbelumnya

  2. jay says:

    Boleh dong share essai nya yg sudah sukses.. masih bingung nih essai yg bagus kayak gmn.. tks ya..

    Regards,

    Jay

  3. Anonymous says:

    Kalo aku belum lulus sma, tapi sudah mau daftar ke university di SF, apakah ak ini undergraduate?

  4. okta says:

    Terima kasih infonya. Tapi apa bisa saya mendapatkan beasiswa sedangkan saya lulusan smk?

  5. ida says:

    hei… terimakasih infonya,,,, saya anak smk ,, saya mengambil jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan,,, saya berminat untuk mencari beasiswa ke luar negeri,,, saya sekarang masih kelas 2 smk ,, tpi tahun ini sudah kelas 3 ,,,, bisa bantu cari ? saya sudah mencari-cari susah ketemunya,,,, saya minat ke jepang dan ke australia,, :D,,,,, sekolah saya bersertifikasi cisco festo toelf dan toeic ,,,, tolong bantuanya :)

  6. Jacob agung ibrahim says:

    hi kojack
    aku masih kelas 3 sma trus beasiswa s1 luar negeri untuk 'lulusan sma' itu seperti apa? gimana cara ngebedainnya sama 'undergraduate schoolarship' ato 'postgraduate schoolarship'
    aku kepengen banget dapet beasiswa kalo ga di uk ato di amerika. mohon bantuannya
    terimakasih.

    • Kojack says:

      Dear Jacob,
      beda antara undergraduate dan postgraduate scholarship itu bisa dilihat kok di pengumumannya.
      Kalau memang pengen ya siapkan kualifikasi didi, buka mata, buka telinga, dan peka terhadap peluang yang lewat

  7. Delta Tanzila says:

    Mas… tolong carikan info tentang kapan Pembukaan program beasiswa pemerintah Brunei Darussalam untk pelajar asing tahun ajaran 2013/2014 akan dibuka … sudah aku cari 2 infox blm dapat juga sampai sekarang … beasiswa s1 nya mas, khususnya Di University Brunei Darussalam… makasih banyak sblmnya mas, smoga Allah membalas kebaikan mas… aku tunggu infox yah…

  8. reski nur says:

    hay kojack :)
    namaku reski, aku masih kelas X jurusan akuntansi disalah satu SMK tahun ini, aku pengen banget dapet beasiswa ke luar negri, tapi bisa ga sih sedangkan aku lulusan SMK bukan SMA?
    terimakasih

  9. hartiandikha says:

    hi mas kojack :)
    aku lulusan D3 farmasi berkeinginan lanjut S1, setelah berpikir&mencari informasi buat ekstensi S1 di jakarta dan daerah lain banyak yg udh tutup (selain univ.swasta yg matakulnya ada pelajaran wajib yg aku hindari), makanya aku bertekad ngejar beasiswa ekstensi di china.
    aku awam untuk masalah ini,yg pernah aku baca kredit transfer perlu kepengurusan khusus ke sana. temanku yang juga mau lanjut S1 di luar negeri&incar beasiswa merecomendasikan Sun Education,lembaga bimbingan bagi yang ingin kuliah di LN (china ga termasuk). apakah lembaga-lembaga seperti itu sama seperti euro manajemen? sepupuku yang kuliah di jerman dg mengikuti lembaga euro manajemen butuh biaya cukup besar.
    kemarin aku dapet website pny lembaga yg udh aku coba cari tahu kurang lebih hampir sama dg sun education (BLCI). sedangkan klo dari segi financial u/ikut serta lembaga yg ternyata pengeluarannya sama dg biaya yg sepupuku keluarkan untuk kuliah di jerman, orang tua/pun gaji yang aku dapet nantinya ga akan cukup.

    mungkin dari mas ada masukan buatku? apa yg tepat buat saya? klo ikut lembaga kepengurusan kuliah di luar negeri,lembaga seperti apa yg tepat?
    sebelumnya makasih buat jawabannya.. :)

    • Kojack says:

      to be honest…
      saya kurang begitu mengerti soal ini.
      Dulu saya semuanya di ururskan AMINEF.
      Tinggal bawa badan dan passport saja.
      Coba dech maen ke kaskus. Disana bisa tanya – tanya sekaligus minta testimonial.

  10. aerinlin says:

    hi, kojack…
    namaku erin, q lulusan s1 jurusan arsitketur… mau nyari beasiswa yg sama dengan jurusan q sebelumnya. pengennya nyari beasiswa ke jepang… aku ini tipe orang yang suka bertualang, cepat belajar… cuman aku ini diantara semua bahasa paling lemah bahasa inggris… tolong kasih tips dunk…. Tks!!

    • Kojack says:

      Tipsnya simple:
      1. Improve your english :p , soalnya kemampuan berbahasa ini sifatnya must have. Metodenya ada macem – macem. Kamu cari deh yang paling cocok buat kamu.
      2. Penuhi semua persyaratan pemberi beasiswa biar paling engga kamu dapet kesempatan wawancara.
      3. Luruskan niat. Pastiin kalau kamu dapet beasiswa maka juga akan berguna untuk komunitasmu

  11. rhea says:

    apa kalo cuma lulus sma pa bisa dpt beasiswa d luarnegeri?
    trimakasih

  12. penti anika says:

    mikum…. aku penti ,sekarang kelas 3 aliyah bagaimana ya, aku bisa mendapatkan beasiswa kuliah di india

  13. ulya shoffa hana says:

    hay kojack :)
    namaku ulya , aku baru tamat SMA tahun ini
    dan pengen banget bisa dapet beasiswa ke luar negeri
    aku sadar kalo aku bukan orang yg jenius, hanya bermodal semangat dan mau usaha
    gimana ya caranya dapet beasiswa yg cocok untuk personalitas kita ?
    aku buta informasi nih .. mohon di bantu mengenai serba serbi beasiswa yaa :)) terimakasih

    • Kojack says:

      hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali dirimu sendiri dulu,
      kamu harus tahu, apa kelebihanmu dan apa kekuranganmu.
      dari situ kamu bisa eksplorasi lebih dalam dan membuat strategi; mana beasiswa yang cocok buat kamu dan bagaimana memenangkannya.

      Regards,
      Kojack

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.