Adsense?

Saya baru saja mampir ke kaskus dan menemukan thread tentang adsense. Jujur melihat para juragan – juragan kaskus yang mampu menghasilkan ratusan dollar dalam setahun saya ngiler juga :p. Jaman sekarang siapa sich yang tidak butuh uang? (red:orang kambing aja doyan).

Mengingat saya juga mengeluarkan sejumlah dana untuk membiayai aktifitas blogging,setelah memutuskan untuk menggunakan wordpress self hosting, maka ada dorongan untuk memasang adsense di website ini; paling tidak untuk membuat website ini mampu membiayai dirinya sendiri :). Tapi…..

*****

Lima tahun lalu, saat saya memutuskan membuat blog pertama saya (red: di Blogspot); motivasinya adalah uang dari adsense. Itu menyebabkan saya lebih terfokus terhadap optimasi SEO guna meraup lebih banyak dollar; saat itu saya bahkan sempat membuat kes mengkopi mentah – mentah tulisan orang karena saya belum bisa menulis dalam bahasa inggris (red: duh malu…).

Keberadaan adsense di blog pertama saya telah menomor duakan fungsi utama blog sebagai tempat berbagi dan bercerita. Ini mengusik saya; terlebih saat saya sadar bahwa saya telah berubah menjadi blogger yang tidak beretika…

Sedih sekali saat itu. Karena itulah saya mulai mencoba menulis di blog yang tidak bisa digunakan untuk adsense sehingga saya bisa fokus terhadap motivasi utama saya yaitu berbagi. Saya sadari blog tersebut juga tidak sepenuhnya sempurna karena kadang saya kehilangan fokus dalam menulis serta saya pernah membuat kesalahan dengan membagikan ilmu yang sifatnya masih dalam tahap percobaan laboratorium ke khalayak ramai.

Setahun kebelakang, saya mencoba membuka lembaran baru di blog ini. Saya telah belajar dari kesalahan – kesalahan terdahulu tetapi saya masih harus terus belajar. Saya ingin memfokuskan blog ini sebagai sarana berbagi dan mengekspresikan diri. Untuk itu, sekarang saya belum ingin memasang adsense di blog ini karena takut terdistraksi lagi. Biarlah saat ini biaya hosting berasal dari kantong sendiri; mungkin suatu saat jika ukuran website dan trafik saya sudah terlalu besar sehingga saya harus membayar lebih, saya kan memikirkan ulang opsi adsense ini.

Nah teman, bagaimana denganmu?

 

 

Tulisan ini dibuat bukan untuk menyinggung kamu yang pengguna adsense di websitemu atau mendukung kamu yang anti adsense karena buat saya, memasang adsense adalah sebuah pilihan. Tidak kurang dan tidak lebih

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.