Jenis Blogger Berdasar Motivasinya

Apa sich motivasi kamu ngeblog?

Wuff…. Pertanyaannya berat banget ya. Kenapa pula pertanyaan seperti itu muncul?

Sabar – sabar… ceritanya begini, saya baru saja jalan – jalan ke lifehack dan menemukan dia mengelompokan blogger berdasar motivasinya menjadi 4 yaitu:

# Distraction Bloggers: Mereka menulis dalam blog untuk kepentingan dirinya sendiri. Blogger tipe ini cenderung mengisi blog seperti sebuah diary.

# Archive Bloggers: Blogger jenis ini adalah mereka yang ingin berbagi ilmu sesuai keahlian mereka menggunakan wahana blog. Mereka disebut achive bloggers menurut saya juga karena mereka termotivasi untuk menjadikan blog sebagai wahana dokumentasi pengetahuan yang bisa di bagikan ke komunitas. Rona Wajah (manajemen) dan The Mansurov (fotografi) adalah dua blog jenis ini yang saya ikuti.

# Conversation Bloggers: Mereka menulis di blog untuk berbagi. Kesamaan mereka dengan archive blogger adalah motivasi untuk berbagi kepada komunitas, tetapi conversation blogger cenderung untuk menulis hal – hal yang sifatnya lebih umum mulai dari fenomena social, opini, pengalaman sampai review buku atau film; tetapi mereka yakin bahwa apa yang mereka tulis akan berguna bagi orang lain.

# Democratic Bloggers: life hacker mendeskripsikan mereka sebagai para blogger yang menulis untuk mengekspresikan aspirasi politik mereka atau untuk mewakili suatu kelompok. Saya sendiri belum menemukan blogger Indonesia yang termasuk kedalam tipe ini. (red:kalau ada kabarin!)

 

Bagaimana dengan saya?

Seperti sebagian besar blogger. Saya memulai sebagai distraction blogger di blog pertama saya (blogspot). Kemudian motivasi saya bergeser menjadi archive blogger di blog kedua karena saya mulai menyadari fungsi blog sebagai media untuk mendokumentasikan pengetahuan yang saya peroleh di bangku kuliah.

Seiring waktu saya mulai bosan menulis blog yang berkutat pada ilmu perikanan maka saya mulai mengisi blog kedua saya dengan berbagai hal yang menarik bagi saya, nah itu berarti saya mulai bergeser sebagai Conversation Blogger dan sampai sekarang saya tetap mengidentifikasikan diri saya sebagai conversation blogger. Bagaimana dengan Kamu?

One comment

  1. gek mirah says:

    seneng banget bacanya, apalagi tentang pelajaran fotografi.. bahasanya yg umum jadi mudah dimengerti.. sukses ya kk :)

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.