Gunpla part 4 – Next Step

Jika kamu mulai menikmati hobby barumu ini dan tidak cukup puas dengan hasil yang kamu peroleh hanya dengan proses snap fit maka berarti ini waktunya kamu meningkatkan levelmu. Saya menyebut level ini sebagai level intermediet dan saat saya menulis post ini saya merasa saya ada di tahap ini.

Akan banyak hal yang harus dipelajari guna meningkatkan kemampuanmu, supaya bisa mengghasilkan model yang bagus dan memuaskan hati. Jika ada orang yang bisa mengajarimu, maka kamu beruntung. Jika tidak, maka kamu harus bersiap siap belajar secara otodidak dan melewati proses trial error yang panjang dan melelahkan.

Untuk awalan sebaiknya kamu melengkapi diri dengan perlengkapan standar yang lebih lengkap. Berikut adalah peralatan peralatan yang sebaiknya kamu miliki.

 

Nipper/Tang Potong

Nipper merk Tamiya

Jika sebelumnya saya menyarankanmu menggunakan peralatan seadanya. Pada tahap ini saya menekankan bahwa nipper adalah peralatan yang sifatnya harus dimiliki. Nipper ini dapat diperoleh di toko bangunan atau toko elektronik dengan harga berkisar antara 10-25 ribu rupiah. Jika kamu punya uang berlebih, kamu bisa mendapatkan merk Tamiya dengan harga sekitar 250 ribu rupiah.

 

Hobby Knife

Hobby Knife merk Tamiya

Alat yang sangat berguna dalam urusan potong memotong bagian bagian kecil. Kamu bisa dapatkan di toko buku seperti gramedia atau toko hobby. Harganya cukup mahal berkisar antara 50-100ribu rupiah. Sebagai alternative, saya sendiri malah menggunakan pisau bedah (scalpel) seharga 12ribu yang saya beli di toko penyedia peralatan laboratorium.

Scalpel/Pisau bedah

Cutter

Sama seperti hobby knife. Berguna dalam urusan potong memotong juga. Kamu bisa temukan dimana – mana. Pilihlah yang menggunakan gagang dari besi sehingga lebih nyaman di genggam. Saya sendiri menggunakan cutter buatan kenko seharga empat ribu rupiah.

Cutter

Cutting Mat

Alas untuk potong memotong sehingga kamu tidak meja atau lantai. Bisa dibeli di toko buku seperti gramedia.

 

Cutting Mat

Amplas dan Kikir

Berguna untuk menghaluskan part. Bisa di beli di toko bangunan. Untuk amplas sebaiknya kamu membeli mulai dari nomor 400 keatas karena nomor di bawah itu terlalu kasar sehingga mudah sekali menggerus detail dari model kit.

 

Amplas

Peralatan Cat

Peralatan cat yang harus kamu miliki bergantung dengan teknik pengecatan seperti apa yang ingin kamu gunakan. Jika kamu menggunakan teknik hand brush maka kamu tidak perlu mengeluarkan banyak dana karena kamu hanya memerlukan pallet dan kuas. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan air brush maka kamu harus bersiap mengeluarkan dana lebih besar guna membeli satu set alat air brush. Untuk cat, saya akan bahas lagi lebih detail di post lain.

                 

Tool Box

Kamu akan sangat memerlukan ini untuk menjaga semua peralatanmu berada di satu tempat. Kamu bisa menggunakan apa saja, mulai dari container plastic bekas sampai tas bekas.

 

2 comments

  1. roni says:

    dimana beli cat utk bahan polycarbonat dengan teknik airbrush?

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.