Gunpla part 6: Pengecatan

Setelah pada kelima bagian awal saya telah berbagi tentang dasar – dasar proses yang yang harus kamu lakukan dalam menekuni hobby  gundam plastik modeling. Maka sekarang waktunya lanjut ke tutorial yang lebih memerlukan keterampilan yaitu pengecatan.

Pengecatan model gundam dilakukan jika kamu kurang puas dengan hasil snap fit atau kamu ingin memodifikasi modelmu. Karena itu, pengecatan bukan termasuk must do proses. Jika kamu sudah puas dengan hasil snap fit dan memutuskan tidak perlu mengecat, maka tidak ada yang salah. Tetapi jika kamu ingin mengeeksplorasi lebih jauh hobi ini dan berani mengambil resiko, maka selamat datang di dunia pengecatan gundam yang pastinya FUN banget.

Untuk lebih tahu lebih lanjut tentang proses pengecatan, kamu harus mengerti dasar pengecatan seperti jenis – jenis cat dan metode pengaplikasiannya. Pada dasarnya, cat dikelompokan menjadi tiga kelompok besar berdasarkan pelarutnya, Laquer aklirik dan Enamel. Masing – masing cat memiliki sifat yang berbeda – beda sehingga metode pengaplikasiannyapun berbeda pula.

Bagi saya, pengecatan adalah bagian yang memakan paling banyak waktu dalam merakit sebuah gundam karena tingkat kerumitannya. Karena itu, saya akan bahas lebih detail tentang pengecatan di posting berikutnya.

 

Kojack.

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.