Archive for May 2012

Tutorial Gunpla part 9: Cat Lacquer

Jenis cat ke tiga yang biasa digunakan dalam pengecatan modelkit gundam adalah cat berbahan lacquer. Kelebihan dari cat ini adalah variasi warnanya yang beragam, mulai dari warna doff, metalik sampai warna keemasan dan perak. Cat ini melekat dengan kuat ke permukaan plastik sehingga lebih tahan terhadap goresan dan dapat mengering dengan cepat (2-3 jam di bawah terik matahari).

Cat Laquer

Cat dan Thinner Lacquer Mr. Color

Read more

Tutorial Gunpla part 8: Cat Aklirik

Cat Aklirik Merk Tamiya

Cat Aklirik Merk Tamiya

Pelarut air yang digunakan dalam cat ini menyebabkan cat aklirik paling ramah terhadap kesehatan, tetapi sebagai kompensasinya cat ini mudah rusak/luntur jika terkena air walaupun sudah kering.

Selain menggunakan air, cat ini juga bisa dilarutkan dengan alkohol. Kelebihan dari penggunaan alkohol adalah waktu keringnya yang lebih cepat. Dalam pengaplikasiannya, cat aklirik harus dikunci dengan lapisan tambahan. Read more

Tutorial Gunpla part 7: Cat Enamel

Berdasar berbagai informasi yang saya rangkum, cat enamel adalah jenis cat yang paling tua umurnya, tapi itu bukan berarti jenis cat ini ketinggalan jaman dan sudah tidak layak pakai lho ya….

Cat enamel diencerkan dengan pengencer thinner atau mineral turunan dari minyak lain(ex: minyak Zippo). Sifat menggumpal yang dimiliki oleh cat jenis ini membuatnya cocok diaplikasikan ke model dengan metode brushing (penguasan).

Read more

Gunpla part 6: Pengecatan

Setelah pada kelima bagian awal saya telah berbagi tentang dasar – dasar proses yang yang harus kamu lakukan dalam menekuni hobby  gundam plastik modeling. Maka sekarang waktunya lanjut ke tutorial yang lebih memerlukan keterampilan yaitu pengecatan. Read more

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.