Part 1: Work Log Kojack’s HTPC ITX – Memilih Komponen Esensial

Beberapa minggu ini selain disibukkan dengan adaptasi di kota baru dan lingkungan yang baru; saya ternyata keracunan mainan baru yaitu Mini PC. Sebenarnya sudah lama saya ingin memiliki sebuah Mini PC yang powerful tetapi berukuran kompak dan mudah dibawa saat berpindah dari satu kota ke kota lain. Saya juga memimpikan sebuah PC yang juga mampu menjadi sebuah game console sekaligus sebagai pusat multimedia.

Awalnya saya tertarik untuk membeli game console saja, Xbox 360 Slim. Berdasar dari browsing dan bertanya kesana kemari didapatlah harga dari sebuah console Xbox seharga tiga jutaan. Tetapi, dari browsing tersebut pula saya akhirnya tahu bahwa sekarang telah berkembang platform Mini PC bernama Mini ITX. Budget untuk membuat sebuah game PC berbasis mini ITX juga kurang lebih sama dengan sebuah console Xbox. Semakin saya mencari informasi tentang platform baru ini, semakin tertariklah saya dan akhirnya saya memutuskan untuk merakit sebuah mini PC ITX daripada membeli sebuah Xbox.

Mini ITX Board

Mini-ITX adalah sebuah platform motherboard rendah daya dengan dimensi papan 17cm x 17 cm. Board yang kecil tentu saja merupakan sebuah keuntungan dalam menyusun sebuah PC yang kompak, tetapi dengan terbatasnya luas papan tersebut maka produsen hanya bisa memberikan fitur esensial di board tersebut dimana hanya terdapat slot processor, RAM dan PCIe-16X tanpa port PCI tambahan. Bagi sebagian orang ketidak tersediaan port PCI ini akan membatasi pemilihan hardware tambahan, tetapi bagi saya itu bukan merupakan masalah besar karena sekarang sebagian besar peripheral yang saya butuhkan telah tersedia dalam format USB.

Memilih hardware dalam menyusun PC sendiri bukanlah hal yang mudah. Saya harus memilih dengan jeli untuk memastikan keseimbangan sistem yang akan saya rakit sehingga bisa meminimalisir sumberdaya hardware yang terbuang percuma. Akhirnya, membaca berbagai review dan perbandingan serta mengunjungi berbagai forum baik dalam maupun luar negeri serta mempertimbangkan budget yang tersedia maka inilah rig sistem yang saya pilih:

Komponen – komponen yang saya pilih dalam menyusun rig tersebut memang bukanlah komponen high end yang berharga mahal. Jika kamu cermati sebagaian besar komponen tersebut adalah komponen kelas low end atau komponen kelas mainstream yang teknologinya tertinggal satu langkah. Saya memang memilih komponen bukan berdasar dari gaya tetapi lebih di sesuaikan terhadap performa komponen dibandingkan terhadap harga dan tetap mengacu kepada kebutuhan komputasi saya (termasuk rencana menggunakan hackintosh). Dan dengan budget minimalis seperti inipun rig ini menjalankan game masakini dengan nyaman.

 Kojack

 

 

ps: yang mau mencontek rig saya silahkan :D

 

2 comments

  1. pesta ulang tahun says:

    salam kenal ya

  2. @AyuHamka says:

    Waaaahhh,,, Tortuga beserta dalem2an nya udah mau komplit…. siiiiiippppp deh…B)
    Jangan lupa pesenan ku yaaaa ^_^

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.