Part 2: Work Log Kojack’s HTPC ITX – Memilih Komponen Pendukung

Pada posting sebelumnya saya telah berbagi cerita memilih komponen esensial dari sebuah Mini PC. Yang saya maksud komponen esensial adalah komponen yang terdapat dalam kotak PC dan komponen pendukung adalah komponen diluar kotak PC seperti tetikus, keyboard, speaker, gamepad dan lain – lain.

Memilih komponen pendunkung ini juga sama pentingnya dengan memilih komponen esensial karena dalam kehidupan sehari – hari kamu akan lebih banyak berurusan dengan komponen – komponen ini. Tidak percaya? Sekarang coba hitung seberapa sering kamu menyentuh processor dan bandingkan dengan seberapa sering kamu menyentuk keyboard dan tetikutus komputermu. Jadi benarkan, memilih komponen pendukung itu penting. Komponen pendukung yang tepat akan menentukan kenyamananmu selama bermain komputer dan inilah komponen pendukung yang saya pilih: 

 

 

Logitech MK220 Wireless

Simple Wireless atau Multimedia Wired?

Awalnya saya tertarik dengan PowerLogic Xenon Edge yang di tawarkan berkisar 125.000 rupiah di berbagai toko online. Saya tertarik terhadap keyboard ini karena desainnya yang elegan dan tombol multi medianya yang lengkap. Tetapi saat saya datang ke toko, keyboard ini susah di temukan.

Sepanjang perjalanan saya memburu keyboard PowerLogic yang saya inginkan, mata saya sempat tertuju ke sebuah etalase yang memajang Logitech MK220 yang ditawarkan seharga 200.000 rupiah sudah termasuk dengan mouse. Saya sempat tergoda, tapi saya teguhkan niat untuk melihat dulu keyboard yang saya inginkan. Begitu tahu keyboard tersebut dijual dengan harga 160.000 rupiah, yang menurut saya termasuk over price, maka saya mantapkan niat untuk meminang Logitech saja.

Kemasan Logitech MK220

Koneksi Wireless tentu saja merupakan pertimbangan saya memilih Logitech MK220. Ukurannya yang kecil dan beratnya yang ringan juga cocok sekali menunjang konsep HTPC merangkap console game yang saya inginkan.

 

Logitech Wireless F710

Xbox 360 Controller or Logitech F710? Both are wireless

Awalnya saya berencana menggunakan controller wireless dari XboX 360 yang dipaket dengan receiver USB yang ditawarkan seharga 700.000 rupiah. Harga yang mahal untuk sebuah game pad sebenarnya tetapi saya kesulitan mencari alternatif pilihan lain. Sepertinya saya benar – benar terobsesi dengan kemudahan yang di tawarkan konsep wireless. Sampai akhirnya saya menemukan Logitech F710 yang ditawarkan seharga 375.000 rupiah. Harga yang masih masuk akal bagi saya untuk sebuah controller wireless original.

Kemasan Logitech F710

Selain faktor harga kelebihan dari F710 antara lain adalah bentuknya yang sudah familiar bagi saya (mirip controller PS), after sales yang lebih baik (garansi satu tahun). Untuk performanya sendiri belum sempat saya coba. Mungkin reviewnya nanti akan saya susulkan.

 

Wi-fi (TP-LINK TL-WN721N) dan Bluetooth

a low profile USB Wi Fi

Pemilihan kedua komponen tersebut sebenarnya lebih di dasari karena memanfaatkan barang yang sudah ada di rumah. Sejauh ini, saya sendiri tidak pernah menemukan masalah dari kedua komponen ini. Wifi dan Bluetooth keduanya berjalan normal.

 

Kojack

2 comments

  1. @AyuHamka says:

    Hhhmm… Logitech Lover… :)
    Emang memuaskan sih,, bukan masalah brand apa,, tp kualitasnya oke… *pengalaman pribadi*..
    IMHO ;)

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.