Indonesia Longboard 101 – Mulai Longboard

Apa yang dibutuhkan dalam mulai berlongboard?

Nyali+Badan+Papan = Go Longboard!!

Yapp, pada dasarnya bermain longboard itu simple, jika kamu punya nyali, badan yang sehat dan sebuah papan longboard maka kamu siap meluncur. Tetapi, tolong diingat ya bahwa longboarding ini termasuk olah raga ekstrim dengan resiko tinggi; setiap pengendara longboard melakukan kesalahan dan terjatuh, yang dihadapinya bukan air, pasir atau salju yang empuk, tetapi aspal yang keras. Untuk itu, mari kita bahas apa saja yang diperlukan dalam bermain longboard secara aman:


Sepatu Dengan Sol Datar (Flat Shoes)

Sepatu Sol Datar, Apapun Merknya…

Pada dasarnya semua sepatu dapat digunakan dalam longboarding. Saya merekomendasikan yang memiliki sol datar berbahan karet karena jenis sepatu ini akan menyediakan lebih banyak grip saat kamu berdiri di atas papan atau saat melakukan foot break. Semua sepatu dengan sol datar, mulai dari sneaker, sepatu capung sampai ke sepatu khusus skateboard dapat digunakan.

Kelebihan sepatu khusus skateboard merk ternama hanyalah lapisan foam di sekeliling sepatu yang lebih tebal untuk melindungi kaki dari wheel bite atau saat terjatuh.

Jika melakukan longboard untuk pertama kali, saran saya gunakan sepatu, jangan pernah menggunakan sandal. Sepatu akan melindungi kamu dari resiko wheel bite yang sering terjadi pada pemula. Sepatu juga akan melindungi kamu dari resiko cedera jari saat terjatuh, tetapi jika kamu memang siap menanggung resikonya maka….

Biarlah Gambar yang Berbicara »

 

Celana Jeans


Saya sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan celana panjang berbahan dasar Jeans untuk berlongboard. Sekali lagi, celana apapun dapat digunakan. Celana berbahan dasar jeans yang tebal akan menyediakan perlindungan ekstra jika kamu terjatuh. Pastikan juga celana yang kamu pakai cukup longgar sehingga tidak mengganggu gerakanmu.

Pelindung Siku dan Lutut

Pelindung Lutut dan Siku ini sifatnya opsional, saya sendiri selalu menggunakan pelingdung siku dan lutut saat mencoba hal – hal baru seperti melaju lebih kencang, menuruni turunan yang lebih curam atau mencoba trik – trik baru. Jika kamu punya uang lebih, maka belilah pelindung siku dan lutut ini. Jika kamu tidak punya uang, maka tabunglah uangmu dan jadikan pelindung ini sebagai prioritas berikutnya untuk dibeli dibanding memberi part longboard yang lain.

Helm

Berbeda dari pelindung siku dan lutut yang sifatnya opsional, helm ini wajib. Pakailah helm setiap kali kamu menggunakan longboard lebih kencang dari kecepatan larimu, jangan pernah meremehkan efek dari cidera di kepala. Benturan ringan yang menyebabkan lecet di bagian tubuh lain bisa berakibat fatal jika terjadi di kepala secara langsung.

Pertama kali saya menuruni turunan bersama adik, kami menggunakan helm sepeda motor karena belum memiliki helm khusus. Tidak keren, but it works.

 

Terakhir, bermain longboard itu menyenangkan, tetapi selalu pikirkan aspek keselamatannya sebagai yang utama. Pelajaran yang saya petik dan selalu saya camkan dalam bermain longboard adalah jangan melakukan sesuatu yang belum kamu yakini. Belajar pelan – pelan, take your time and enjoy the process

Soal longboard sendiri mari dibahas di post yang lain.

Selamat Tahun Baru

Denpasar

Kojack

Leave a Reply

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.